Tutorial Bermain Ludo dan Uckers

Tutorial Bermain Ludo dan Uckers 

 
Aturan Ludo & Uckers

Ludo adalah permainan anak-anak berdasarkan permainan Pachisi India kuno. Uckers adalah permainan yang dimainkan di Royal Navy (dan rupanya beberapa angkatan laut non-Inggris) di dewan Ludo.


Aturan Ludo
Peralatan
Sebuah papan Ludo berbentuk persegi dengan sebuah pola di atasnya berbentuk salib, masing-masing lengan dibagi menjadi tiga kolom yang berdekatan dengan delapan kotak. Kotak tengah membentuk kolom rumah untuk setiap warna dan tidak dapat mendarat dengan warna lain. Bagian tengah salib membentuk persegi besar yang merupakan area 'rumah' dan terbagi menjadi 4 segitiga rumah, satu dari masing-masing warna. Di setiap sudut, terpisah ke sirkuit utama adalah lingkaran berwarna (atau kotak) di mana potongan ditempatkan untuk memulai.

Penghitung memulai rangkaian mereka satu persegi dari ujung lengan dan bersebelahan dengan lingkaran awal. Hindari papan modern yang salah menempatkan kotak pertama di ujung lengan.

Kotak awal, lingkaran awal, segitiga rumah dan semua kotak kolom rumah diwarnai agar sesuai dengan potongan yang sesuai.

Setiap pemain memilih salah satu dari 4 warna (hijau, kuning, merah atau biru) dan menempatkan 4 buah warna pada lingkaran awal yang sesuai. Sebuah die tunggal dilempar untuk menentukan gerakan.


Bermain

Pemain bergantian searah jarum jam; lemparan tertinggi dari die dimulai.
Setiap lemparan, pemain memutuskan bagian mana yang akan dipindah. Sepotong hanya bergerak searah jarum jam di sekitar lintasan yang diberikan oleh nomor yang dilempar. Jika tidak ada bagian yang bisa bergerak secara legal sesuai dengan jumlah yang dilempar, mainkan bola ke pemain berikutnya.

Lemparan 6 memberi giliran lain.

Seorang pemain harus melempar 6 untuk memindahkan sepotong dari lingkaran awal ke lapangan pertama di trek. Potongan itu bergerak 6 kotak di sekitar sirkuit yang dimulai dengan kotak mulai berwarna dengan tepat (dan pemutar kemudian memiliki belokan lain).

Jika sepotong mendarat pada sepotong warna yang berbeda, potongan yang dilompati dikembalikan ke lingkaran awalnya.

Jika sepotong mendarat di atas sepotong warna yang sama, ini membentuk satu blok. Blok ini tidak bisa dilewati atau mendarat di tempat yang berlawanan.


Kemenangan

Ketika sebuah bagian telah mengelilingi papan, ia melanjutkan kolom rumah. Sepotong hanya bisa dipindahkan ke rumah segitiga dengan lemparan yang tepat.

Orang pertama yang memindahkan keempat potongan tersebut ke dalam rumah segitiga menang.


Varian yang disarankan

Untuk anak kecil, sepotong mungkin mulai dengan lemparan 1 atau 6. Mempercepat semuanya.

Bagi orang dewasa, membuat Ludo jauh lebih menarik dan terampil, coba gunakan aturan untuk Pachisi dan Chaupur atau Uckers.




Aturan Uckers

Uckers dimainkan oleh empat orang dengan pemain lawan saling bermitra untuk membentuk 2 tim. Ini pada dasarnya adalah Ludo dengan peraturan yang meluas yang membuatnya menjadi permainan yang lebih menyerap dan mahir.


Peralatan

Uckers dimainkan di dewan Ludo tapi dimainkan dengan dua dadu dan bukan satu.


Putar Dasar

Pemain bergantian searah jarum jam; pemain dengan lemparan tertinggi dari dua dadu dimulai.

Setiap lemparan, pemain memutuskan potongan mana yang akan dipindah. Sepotong hanya bergerak searah jarum jam di sekitar lintasan. Ada 2 pilihan:

    Sepotong dipindahkan nilai satu mati, sepotong kedua dipindahkan nilai yang lain mati.
    Satu bagian dipindahkan nilai total kedua dadu (potongannya tidak berhenti di kotak perantara yang dicapai dengan lemparan salah satu dari die - jadi tidak bisa mengambil apapun kecuali yang tergeletak di alun-alun terakhir).

Jika hanya satu potong yang tersisa, maka total kedua dadu harus digunakan, jika memungkinkan. Jika totalnya tidak bisa digunakan, maka jumlah dadu yang paling banyak harus digunakan, jika mungkin dan lemparan dadu lainnya hangus. Jika tidak ada bagian yang bisa bergerak secara legal, kedua lemparan dadu akan hangus.
Memulai sebuah Piece

Satu-satunya cara bagi pemain untuk memindahkan sepotong dari lingkaran awal ke trek adalah dengan melempar 6. Bila ada 6 yang dilempar, pemain memiliki pilihan untuk memindahkan sepotong dari lingkaran awal ke kuadran pertama di lintasan, bukan memindahkan sepotong yang sudah ada di lintasan. Sebuah double 6 dapat digunakan untuk memulai 2 buah di trek.


Lemparan tambahan

Sebuah lemparan 6 atau double 6 memberi satu lemparan tambahan keduanya mati. Pelemparan tambahan terjadi bahkan jika pemain tidak dapat bergerak dengan 6. Satu-satunya pengecualian untuk ini adalah bahwa tidak ada lemparan tambahan yang diperbolehkan saat pemain baru saja menangkap gumpalan (lihat di bawah).

Jika lemparan tambahan menunjukkan 6 atau 6 ganda, lemparan tambahan lainnya diberikan, dan seterusnya.


Menangkap

Jika sepotong mendarat pada bagian tunggal lawan, potongan yang dilewati dikembalikan ke lingkaran awalnya.

Jika sepotong pemain mendarat di lapangan dengan satu atau lebih potongan pasangannya, ini disebut 'campuran kacang'. Jika lawan mendarat di gumpalan campuran, semua potongannya ditangkap dan kembali ke lingkaran awal mereka.


Gumpalan


Jika kotak berisi satu atau lebih potongan warna yang sama membentuk penghalang yang dikenal sebagai 'gumpalan'. Secara default, gumpalan tidak bisa dilewati atau mendarat oleh lawan tapi gumpalan tidak menghalangi potongan pasangan.

Gumpalan bisa ditangkap tapi hanya dengan mengikuti rangkaian acara yang tepat:

    Pemain lawan harus memindahkan sepotong ke alun-alun sebelum gumpalan.
    Pemain lawan berikutnya harus melempar 6 dan mengatakan "Challenge". Perhatikan bahwa pemain tidak bisa masuk ke posisi dan mengatakan "Challenge" dalam lemparan yang sama. Begitu tantangan telah ditetapkan, pemain tidak dapat memajukan bagian lain sampai gumpalan ditangkap atau penghalang dikembalikan ke satu bagian oleh lawan. Pada gilirannya tantangan, nilai dadu kedua dibatalkan, bahkan jika itu adalah 6. Tapi pemain memang memiliki lemparan ekstra.
    Pemain lawan kemudian harus melempar 6 untuk setiap potongan yang membentuk gumpalan. Jadi gumpalan yang terdiri dari 3 buah membutuhkan 4 lemparan 6 (termasuk lemparan Challenge) untuk mengeluarkannya. Berbeda dengan tantangannya, keduanya 6s dari 6 hit ganda untuk mencapai tujuan ini.
    Setelah 6 final telah dilempar, bagian penangkap bergerak ke lapangan gumpalan dan potongan gumpalan dikembalikan ke lingkaran awal mereka. Belokan segera berakhir, nilai mati yang tidak terpakai hilang dan tidak ada lemparan tambahan yang dibuat.

Bagian dalam lingkaran awal bisa menantang gumpalan di alun-alun awal yang berdekatan. Namun, 6 tambahan diperlukan. Misalnya, untuk menangkap gumpalan yang terdiri dari tiga bagian dari lingkaran awal akan membutuhkan tantangan diikuti 4 lemparan 6 lagi.

Seorang pemain tidak bisa menantang gumpalan dari gumpalan campuran.
Kemenangan
Begitu pemain telah mencapai rumah segitiga dengan semua 4 buah, pemain itu kemudian harus melempar enam. Begitu enam telah dilempar, dari tikungan berikutnya dan seterusnya, pemain itu memindahkan potongan rekan mereka, jika memungkinkan.

Ketika sebuah bagian telah mengelilingi papan, ia melanjutkan kolom rumah. Sepotong hanya bisa dipindahkan ke rumah segitiga dengan lemparan yang tepat.

Tim pertama memindahkan semua 8 buah ke dalam rumah yang menang segitiga.


- Sahabat hutan
Aturan ini disediakan oleh Master Traditional Games, sebuah toko Internet yang menjual game tradisional berkualitas, permainan pub dan permainan yang tidak biasa. Untuk informasi tentang penyalinan dan hak cipta, lihat disclaimer kami.

Aturan kami adalah petunjuk komprehensif untuk permainan ramah. Jika ragu, selalu mematuhi peraturan yang dimainkan secara lokal atau rumah.

0 Response to "Tutorial Bermain Ludo dan Uckers"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel