Cara Memilih Jurusan Kuliah ala klutik.com

Assalamu'alaukum Wr. Wb.
       Hai guys, kembali lagi di klutik.com dengan saya si admin klutik. Kali ini saya akan share meneganai cara memilih jadwal kuliah ala klutik.com.
       Oke pasti diantara kalian khususnya adik-adik SMA kelas 12 yang hampir lulus ini agak kebingungan memilih jurusan yang sesuai. Hal ini disebabkan karena kita belum mengetahui bakat kita, yang perlu kita ketahui adalah semua orang punya bakat tersendiri. Bakat merupakan kunci dalam menentukan jurusan. Memang terkadang kita kesulitan untuk mengetahui itu, nah inilah yang disebut dengan bakat terpendam, "Sebenarnya Bakatku apa sih?".
       Menentukan jurusan merupakan hal pertama dan utama dalam menentukan langkah selanjutnya. Kita tahu beragam jenis jurusan yang ada di kampus negeri maupun swasta. Kita bisa memilih jurusan apa saja dari senua itu. Ada Kedokteran, Pendidikan, Hukum, Teknik, dan lain sebagainya.


       Mengapa jurusan itu penting? Karena itu akan menentukan kampus yang sesuai dengan jurusan yang kamu pilih. Ya, kamu harus pilih jurusan dulu baru kampus/universitasnya. Misalnya, kamu pilih jurusan seni maka kamu bisa kuliah di ISI Surakarta.
       Jangan sampai terbalik, nanti kita akan kebingungan kalau ternyata di kampus tersebut tidak ada jurusan yang sesuai. Oke, langsung saja berikut ini beberapa tips Memilih Jurusan Kuliah ala klutik.com:

1. Ketahui bakat dan minat kamu

Bakat kamu apa sih?

       Mengetahui bakat dan minat kamu merupakan kunci utama dalam memilih jurusan kuliah. Seperti yang saya bilang tadi bakat lah yang menentukan semuanya. Pikirkan dan renungkan kamu itu punya bakat apa dan kamu itu mau jadi apa. Yakinlah dengan kata hatimu bahwa kamu itu punya bakat dan semua orang pasti pernah melewati hal yang sama saat ini.
       Jangan sampai ada kata-kata "Waduh, kayaknya gue salah jurusan deh". Bahaya! Pasti setelah itu kamu jadi males-malesan, ogah-ogahan kuliah dan akhirnya di DO dari kampus. Jangan sampai itu terjadi ya, sudah buang -buang duit, buang -buang waktu lagi. Intinya kamu harus tahu dulu bakat kamu itu apa, bisa jadi kamu punya bakat terpendam. Coba gali dirimu.


2. Jangan terhasut oleh teman 

Terpengaruh oleh teman

       Ini juga penting, jangan sampai kamu terbawa oleh teman-teman kamu. Jangan jadikan teman sebagai pertimbangan utama untuk memilih jurusan itu. Kecuali kalau kamu memang bener-bener ingin  milih jurusan itu dan kebetulan ada temen kamu juga yang milih jurusan yang sama.
       Saya tidak melarang anda bersahabat dengan teman anda, tetapi ini soal masa depan men! ya kita harus punya pilihan sendiri. Mungkin temen atau sahabat kamu milih jurusan hukum, mereka pasti punya alasan tersendiri mengapa ia memilih jurusan itu. Dan mungkin bukanlah teman yang jadi alasan utamanya. Ketika kamu ngikut temen kamu yang ambil jurusan hukum yang memang bakat menjadi alasan utamanya, padahal bakat kamu di seni, bisa jadi kamu keteteran pada saat kuliah nanti.

3. Lakukan komunikasi dengan kakak kelas 

Berbincang dengan teman

       Cari kakak kelas kamu, tetangga kamu, atau siapa aja yang memiliki kesamaan dengan jurusan yang kamu pilih. Kamu bisa berkomunikasi langsung ataupun lewat chatting maupun lewat media sosial.
       Gali informasi sebanyak mungkin. Sebab ialah yang lebih dulu dari kamu, ia lebih paham, dan ia punya banyak pengalaman di bidang itu. Disitu kamu bisa dapet tips dan trik untuk masuk ke jurusan itu. Dengan begitu kamu pasti akan lebih mantap dalam memilih jurusan. Karena kita udah dapet tips dan trik yang berharga dan berguna pada saat kamu masuk ke jurusan itu nanti.


4. Selalu update informasi

Update terus informasinya

        Nah setelah itu pasti bakalan ada banyak informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru. Informasi itu terkadang tidak sampai di sekolah-sekolah dan disampaikan oleh guru kamu. Kamu harus mencarinya sendiri, lha wong itu juga kebutuhan kamu. Selalu pantau website perguruan tinggi kamu, barangkali mereka update informasi pendaftaran. Disana biasanya juga sudah dilampirkan segala persyaratan pendaftaran mahasiswa baru.
       Jangan pelit untuk beli kuota, kuota merupakan nyawa ke-sekian disini. Jangan sampai kamu ketinggalan informasi gara-gara gak sering update. Ketika yang lain udah pada daftar, nah kamu belum apa-apa nyari persyaratan kesana kemari dengan deadline yang pendek. Yang paling buruk karena gak update, kamu udah gak bisa daftar karena jadwal pendaftaran sudah berakhir, "Oh No!" Kan gak keren gitu loh.

5. Lakukan konsultasi dengan Orangtua

Bicarakan pada orang tua

       Langkah terakhir, bicarakan ini kepada orangtua dengan baik-baik. Komunikasi dengan orang tua sangat penting karena orang tua kamulah yang akan membiayai semuanya. Mulai dari biaya UKT, kosan, dan pasti banyak banget ketika kamu baru masuk kuliah. Persetujuan orang tua merupakan hal terakhir tapi menjadi penentu langkah-langkah diatas.
       Jangan kecewakan orangtua kamu, kamu harus tetap semangat dan berjuang sebaik mungkin walaupun kuliah itu biayanya cukup mahal. Jangan minder kalu kamu dari keluarga yang kurang mampu. Yakinlah orangtuamu pasti mendukung mu dan mereka berharap  yang terbaik buat kamu.


       Oke sekian dulu tips dari klutik.com mengenai tips memilih jurusan. Apabila ada kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf. Semoga bermanfaat!
       Jangan lupa tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar dibawah ini.
Wasaalamualaikum Wr Wb

Baca Juga:


0 Response to "Cara Memilih Jurusan Kuliah ala klutik.com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel