Gunakan Kacamata Untuk Menunjang Penampilan Anda

       Kacamata selain berfungsi sebagai alat bantu melihat bagi penderita mata minus atau plus, juga dapat menjadi fashion. Bentuk dan warnanya menjadi perhatian untuk menunjang penampilan penggunanya.
       Karena itu, penting menyesuaikan kacamata dengan bentuk muka, warna kulit, serta fungsinya. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menyesuaikan kacamata :

1. Bingkai Kacamata
       Frame atau bingkai kacamata menjadi bagian yang penting untuk diperhatikan. Untuk mendapatkan bentuk frame yang tepat, penggunanya perlu mencermati bentuk muka. Bentuk wajah bulat misalnya, disarankan memilih frame yang lebih lebar dari wajah dan sedikit menyiku untuk memberi kesan wajah lebih panjang, seperti frame berbentuk persegi panjang yang bagian atasnya simetris dengan bagian bawahnya.

       Sementara, pengguna kacamata yang memiliki bentuk wajah hati dengan dagu lancip dan tulang pipi lebih tinggi maka lebih cocok menggunakan bingkai oval atau bagian atasnya lebih sempit dari bagian bawah. Bisa juga, memilih kacamata tanpa frame atau tidak menggunakan hard frame pada bagian kaca.
       Sedangkan pengguna yang bentuk wajahnya persegi sebaiknya memilih frame bulat dengan bagian atas lebih tinggi atau bingkai kacamata bersudut tumpul. Dengan begitu  wajah akan terkesan lebih panjang karena pengguna dengan bentuk wajah kotak umumnya memiliki bentuk rahang kuat. Berbeda dengan pengguna kacamata berwajah oval, bentuk wajah ideal tersebut cenderung cocok menggunakan frame apapun.


       Selain bentuk wajah, sesuaikan pula frame kacamata dengan warna kulit dan postur badan. Pengguna kacamata yang memiliki kulit putih bukanlah masalah dalam hal memilih bingkai kacamata karena warna apapun akan pas dipakai. Namun bagi yang berkulit hitam, sebaiknya pilih frame berwarna abu-abu, coklat metalik, atau perak metalik.
       Selanjutnya perhatikam postur badan. Frame yang kokoh serta agak tebal, cocok untuk pengguna dengan postur tinggi, besar, dan berbadan tegap. Tetapi jika pengguna berbadan kurus serta kecil disarankan memakai frame lentur dan ringan.

2. Lensa Kacamata
       Ada dua jenis lensa yang dapat dipilih yaitu lensa kaca dan plastik. Bila memginginkan lensa yang ringan dan tidak mudah pecah, pilih lensa beebahan plastik. Lensa tersebut cocok bagi pengguna dengan minus rendah. Untuk minus yang tinggi kacamata plastik kurang cocok, karena akan terlihat lebih tebal dibanding lensa berbahan kaca.

       Pengguna lain yang ingin lensa yang digunakan terlihat lebih tipis dan tidak mudah tergores, pastikan lensa berbahan kaca. Jenis lensa tersebut juga masih mungkin untuk ditipiskan hingga tingkat tertentu sehingga tidak terlalu tebal.
       Perhatikan pula aktivitas yang dijalani. Bila pengguna banyak melakukan aktivitas di luar ruangan usahakan melilih lensa yang memiliki warna lebih gelap untuk menghindari pancaran cahaya matahari.


       Lensa yang dirancang khusus untuk mwmberi perlindungan mata terhadap sinar ultraviolet (UV) biasanya telah dilapisi UV protection. Sementara pengguna yang terbiasa bekerja bekerja di depan monitor komputer disarankan menggunakan lensa yang dilengkapi dengan anti radiasi komputer. Sehingga mata terlindungi dan tidak mudah lelah.
       Dengan pemulihan bingkai dan lensa yang tepat, pengguna akan lebih percaya diri dalam mengenakan kacamata. Selain membantu penglihatan, kacamata juga akan membuat tampilan penggunanya lebih keren.

Sumber : koran suara merdeka edisi 17 feb 2018 hal 14

Baca Juga:

0 Response to "Gunakan Kacamata Untuk Menunjang Penampilan Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel