Inilah 6 Cara Efektif Dapatkan Pekerjaan



       Bagi sejumlah orang mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah. seorang pencari kerja harus mampu bersaing dengan puluhan bahkan ribuan orang lainnya untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Karena itu, perlu strategi dan mengacupada pendapat beberapa ahli di bidang karier, Jacquelyn Smith dalam situs Forbes menyatakan bahwa seorang pencari kerja perlu menggunakan cara-cara yang tidak konvensional dalam mencari pekerjaan. Namun, bukan berarti tidak mengikuti prosedur yang ada. Pencari kerja tetap perlu mengaplikasikan metode umum, hanya saja butuh strategi inkonvensional untuk mencapau tujuan. Berikut bebeapa cara efektif yang disarankan.

1. Menjadi Peka
       Untuk membangun sebuah hubungan baik dengan pihak pembuka lowongan pekerjaan, seseorang perlu menjadi pribadi yang peka. Seorang pencaro kerja dapat saling berbagi seputar kekagumannya pada pekerjaan di perusahaan tersebut, serta meminta nasihat kepada mereka

2. Tidak selalu mengikuti keinginan
       Menurut Cal Newport, orang-orang yang pada akhirnya mencintai pekerjaannya, kebanyakan tidak mengikuti keinginan mereka dulu. Sebaliknya mereka mengembangkan pekerjaannya dari waktu ke waktu, menjadi lebih baik atas yang mereka lakukan, hingga mempunyai peranan besar dalam katier mereka.
       Ini artinya pencari kerja terkadang menghilangkan tuntutan untuk mendapat pekerjaan sesuai dengan keinginan atau kualifikasi dirinya. Tidak ada salah terjun dan mempelajari bidang lain dengan serius. Karena, mungkin itulah pekerjaan yang cocok untuk dilakukan. Tidak menutup kemungkinan, pekerja akan sukses di bidang tersebut.
       Jangan habiskan waktu bertahun-tahun untuk menunggu pekerjaan yang diinginkan. Alihkan fokus pada bidang yang membuka kesempatan besar.


3. Aktif
       Pencari kerja sebaiknya tidak hanya duduk diam menunggu kesempatan terbuka pada pekerjaan yang diimpikan. Pilih satu atau dua perusahann yang disuka kemudian pelajari industri dan bidang tersebut. Cari tahu pula tantangan perusahaan tersebut terhadap publik. Jika pencari kerja memiliki solusi untuk membantu perkembangan usaha tersebut dapat disampaikan kepada pihak perusahann. Itu akan menjadi nilai tambah bagi pelamar kerja.

4. Menjadi Pendengar Baik
       Penjari kerja kadang terjebak dengan cara menyampaikan pesan dan pencitraan. Hal ini dapat disebabkan karena kurang pahamnya pencari kerja pada pertanyaan yang disampaikan. Dalam hal ini, kemampuan dalam mendengar menjadi kunci untuk menyampaikan pendapat yang tepat. Pembicara yang baik adalah orang yang tahu kapan harus mendengar, berbicara, berhentu bicara, dan mwngajukan pertanyaan. Maka, selain berlatih berlatih menjawab pertanyaan sebelum interview, melatih diri untuk menjari pendengar yang baik dan memahami apa yang disampaikan orang lain juga perlu dilakukan.


5. Fokus Bahasa Tubuh
       Bahasa tubuh sangat penting dalam wawancara kerja. Perhatikan postur tubuh dan tangan, usahakan tampil rileks dan pancarkan kepercayaan diri. Smentara itu, pencari kerja juga harus memperhatikan bahasa tubuh pewawancara untuk mengukur apakah bahasa tubuhnya sudah tepat sebagai seorang pelamar pekerjaan.

6. Menjadi Penggemar
       Setelah memutuskan pekerjaan apa yang hendak dipilih, cobalah untuk menjadi penggemar mereka. Menjadiorang yang loyal, misalnya aktif di forum-forum online, dapat menjadi usaha untuk menarik perhatian perusahaan. Antusias yang ditunjukkan tersebut memungkinkan perusahaan pihak perusahaan memberikan berbagai informasi termasuk lowongan kerja.
       Dengan begitu, penjari kerja akan memperoleh manfaat dari hubungan baiknya dengan pihak perusahaan. Selalu mengembangkan diri dan aktif akan menjadi modal untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

Sumber : Koran Suara Merdeka edisi 14 Feb 2018 Hal 13

Baca Juga :

0 Response to "Inilah 6 Cara Efektif Dapatkan Pekerjaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel