Review Lineage OS 14.1 di Redmi 3 / Ido

Assalamualaikum Wr. Wb.
       Hai Guys, balik lagi di klutik.com dengan saya si admin klutik. Kali ini saya ingin me review custom rom Lineage OS 14.1 di Redmi 3/Ido. Rom Lineage OS ini menggunakan base android 7.1 Nougat yang salah fiturnya udah mendukung "Split Screen". Jadi kita bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dengan catatan lanyarnya pun di bagi menjadi 2 bagian.
       Ada juga Direct Reply lewat notifikasi, data saver, dan banyak lagi peningkatan-peningkatan dari android yang sebelumya. Oke segitu aja pembukanya, langsung saja kita review custom rom ini.

1. Tampilan
       Yang pertama tampilan/user interfacenya dulu ya guys, 
Menu Utama & Notifikasi Bar

       Inilah tampilan yang diberikan oleh Lineage OS 14.1. Bisa kita lihat emm.. terlihat biasa saja ya, karena ini rom seperti stock android yang "murni". Ikon yang ada seperti layaknya android yang tidak di ubah-ubah. Bagi saya ini malah lebih bagus karena terlihat simpel dan " ringan". Kita tidak bisa menggeser menu ke samping  kanan kiri, melainkan hanya ke atas dan ke bawah aja.
       Beralih ke notifikasi bar, kita bisa mengecilkan atau meluaskan notifikasi layaknya miui. Notifikasi bar ini bisa kita edit sesuai keinginan kita misalnya menambahkan ikon/pengaturan hotspot, live display, dll.
       Di dalam menu pengaturan kita dapat melihat beberapa pengaturan yang biasa kita temukan di miui. Salah satu yang saya suka yaitu adanya menu pengaturan status bar, yang artinya kita bisa memodifikasi tampilan status bar sesuai keinginan kita. Misalnya merubah posisi jam, memodifikasi ikon baterai, dll.

Menu Pengaturan
       O iya, satu lagi masalah jaringan, di Lineage OS ini jaringan 4G AMAN terkendali tidak hilang dan tidak perlu fix-fix 4g lagi.
4G aman - Bisa Split Screen
       Di rom ini juga sudah mendukung fitur split screen. Tapi sayang ada beberapa aplikasi yang tidak mendukung fitur ini. O iya ketika menjalankan dua aplikasi yang salah satunya memutar video di split screen ini, dan kita mengoperasikan aplikasi yamg lainnya maka video akan berhenti dan tidak memutar videonya.


2. Kamera
       Kamera baeaan di Lineage OS menurut saya kurang mantep. Jadi saya disini menginstal Google Camera. Sebab di Gcam ini menurut saya lebih simpel, banyak fitur dan mudah digunakan, tidak seperti bawaan rom Lineage yang sebernanya lengkap sih,  tapi agak sulit di operasikan. Hasil kamera (Gcam) sebagai berikut:

Outdoor, Siang Hari

Indoor ,Malam Hari, Flash Aktif


     Tidak terdapat banyak perubahan mengenai kualitas, tetapi menurut saya ketika memotret di malam hari (flash aktif) menggunakan Gcam ini hasilnya lebih terang daripada kamera bawaan Lineage OS ataupun bawaan Miui. Untuk versi yang saya gunakan yaitu Gcam versi 2.4.025. Gcam jadul sebenarnya, tapi ini yang cocok dan no problem, lagian fiturnya mirip sama yang terbaru. Susah bro, untuk cari yang cocok di versi yang lebih tinggi hehe..

3. Peforma
       Satu lagi yang gak ketinggalan yaitu peforma. Kesan pertama menggunakan rom ini yaitu "smooth & adem". Ya, rom ini ketika menjalankan beberapa aplikasi dan kita melakukan transisi ke aplikasi lain terasa halus dan tanpa panas-panasan.
       Kita bisa melakukan setting kinerja profil, mulai dari hemat daya, seimbang, dan mode peforma. Saya sendiri kurang bisa merasakan perbedaan dari ketiga settingan ini sebab sama aja deh.
Pengaturan Kinerja Perangkat

       Walaupun dapat disetting kinerjanya Redmi 3/Ido dengan Lineage OS ini menurut saya kurang cocok untuk bermain game. Seringkali saya menemukan lag yang cukup menggangu ketika nge-game di rom ini. Saya mencoba game "smashy road 2" yang tergolong game ringan aja ngelag men! Padahal udah setting mode peforma tapi sama aja. Mungkin dengan mengganti kernelnya dapat meningkatkan peforma gaming di rom ini.
       Eitss tapi jangan khawatir! Untuk daily use tanpa gaming peformanya sudah cukup kok untuk menunjang aktivitas kamu sehari-hari.


4. Baterai
       Ini nih yang bikin saya betah di rom ini! Ya, baterainya menjadi nilai plus yang ada di rom ini. Cukup dengan charge smartphone sehari sekali maka udah cukup dah buat nemenin seharian, malah masih sisa.
Penggunaan Baterai di Lineage OS 14.1

       Sebelum tidur (biasanya jam 23.00) saya charge kemudian pagi ketika subuh (04.30) saya cabut. Dengan pemakaian standar ala mahasiswa,  ya FB, WA, browsing, musik, baterai sampai sebelum tidur sisa 20-30%an lah. Dengan catatan pemakaian ringan yakni tanpa gaming.
       Saya memiliki tips untuk menghemat baterai di Lineage OS ini, yakni mematikan sinkronasi email. Caranya yaitu dengan masuk Setelan > Akun > Google > Pilih akun anda > Matikan sikronasi yang ada disana. Terbukti dengan cara ini baterai lebih awet 15℅an. Dengan catatan ketika kita mendapat email maka kita harus  membuka Aplikasi Gmail secara manual. Tidak otomatis memberikan notifikasi. Ya, karena saya juga jarang dapet email, palingan promosi wkwk.


5. Kesimpulan
       Kesimpulan saya setelah mencoba rom ini yaitu saya menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan Rom Lineage OS di Redmi 3/ido.
Berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan :
- Tampilan Simple
- 4G aman
- Android udah versi 7.1 Nougat
- Bisa Split Screen
- Smooth & Adem
- Baterai awet banget
- Kamera oke (menggunakan Gcam)
- Good for Daily Use
- ...  Tambahin di kolom komentar

Kekurangan:
- Tidak cocok untuk gaming
- ...  Tambahin di kolom komentar

       Oke sekian dulu review Custom Rom Lineage OS 14.1 di Redmi 3/Ido. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata. Apabila ada yang kurang jelas dan belum saya sebutkan disini silakan berkomentar di bawah ini .
Wassalamualaikum Wr. Wb.  

Baca Juga: 


 

4 Responses to "Review Lineage OS 14.1 di Redmi 3 / Ido"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel