Review Speaker Bluetooth Sonicgear Pandora Mini : 90 ribuan aja, Recomended !

Assalamualaikum Wr. Wb.

       Hai guys! Kembali di klutik.com dengan saya si admin klutik. Kali ini saya ingin mereview speaker bluetooth murah dengan merk Sonicgear Pandora Mini. Alasan saya membeli speaker bluetooth yakni bisa dibawa kemana mana (portable) dan untuk mengurangi resiko kerusakan hp akibat dicolok langsung di speaker aktif. Saya membaca dalam beberapa kasus di grup FB ketika smartphone milik mereka di colok langsung ke speaker aktif, seketika muncul masalah masalah seperti suara speaker hp menjadi kecil, suara tidak jernih bahkan ic audio yang rusak. Untuk mengindari hal-hal itu maka saya memilih untuk membeli speaker bluetooth saja.
        Selain itu terdapat kelebihan speaker bluetooth dibandingkan speaker aktif yaitu bentuknya yang simpel atau tidak memakan tempat yang banyak. Bagi anda yang membutuhkan speaker yang seperti ini saya memiliki rekomendasi speaker bluetooth yang cukup murah, kualitas juga oke.


       Kebetulan saya membeli speaker ini sudah cukup lama yaitu awal november melalui toko online Shopee dengan harga Rp. 98.000 saja. Saya sengaja tidak langsung mereview speaker ini karena ingin mencoba daya tahan speaker ini terlebih dahulu.
       Oke, yuk langsung saja disimak aja review speaker bluetooth Sonicgear Pandora Mini versi klutik.com,

1. Tampilan

Kelengkapan Speaker: box, unit, dan kabel

              Kesan pertama melihat speker ini saya cukup terkesan dengan bentuknya yang unik dan simpel. Build quality dari speaker ini terlihat baik dan tak terkesan murahan, hmm padahal harganya 90 ribuan aja. Body yang terasa solid dengan bahan yang cukup keras membuat speaker ini terasa kokoh.
   Sonicgear memberikan garansi selama 1 tahun di produknya. Dalam paket pembeliannya seperti biasa terdapat kardus, unit speakernya, dan sebuah kabel aux. Uniknya kabel aux ini digabung menjadi satu dengan kabel charge, jadi lebih terlihat simple dan yang terpenting tidak mudah hilang atau tercecer karena sudah jadi satu dengan kabel charge.
       Dari depan, speaker ini berbentuk persegi dengan bulatan besar ditengah dan semacam gagang untuk membawa speaker ini.
Bulatan besar ini tidak lain adalah speakernya. Terdapat pula logo sonicgear di tengah.

Bagian belakang dan bawah speaker 

       Beralih ke bagian belakang terdapat beberapa tombol dan port, yaitu ada tombol on/off, port AUX dan atau Charge, USB, slot Micro SD, dan tombol navigasi yang dijadikan satu. Tombol navigasi ini yaitu play/pause, volume, dan berbagai fungsi lainya. Anda bisa membacanya sendiri di manual book, disana sudah lengkap termasuk cara mengoperasikannya.
        Pada bagian bawah speaker terdapat kaki-kaki yang terbuat dasi semacam busa yang gunanya untuk melindungi sekaligus memgurangi getaran speaker.

2. Spesifikasi
Di dalam box sudah dicantumkan spesifikasi dari produk Pandora Mini, berikut spesifikasinya:
- Driver size 2,5" Full Range
- Frequency response: 150Hz-18KHz
- Impedance: 4 Ohm
- Total system power: RMS 5 Watts
- 5 in 1 Playback Function:
+ Bluetooth wireless music playback
+ Built in FM receiver
+ Built in USB slot
+ Built in Micro SD slot
+ AUX-in audio input
Bluetooth:
- Version: 2.1 + EDR
- Wireless distance up to 10 meters
- Support HSP, HFP, A2DP, AVRCP
Battery:
- 400mAh lithium battery
- Continuous music playback (@50% volume) up to 4 hours operation
- Standby time: up to 24 hours


3. Uji dan Peforma
       Pengujian kali ini saya akan menguji menggunakan bluetooth saja karena yang saya butuhkan hanya koneksi wirelessnya. Namun lain kali saya akan menguji fitur lainya seperti Radio FM, USB, AUX dan lainnya.
       Untuk pairing bluetooth dapat dilakukan dengan mudah dengan menyalakan speakernya maka blietooth langsung aktif. Tinggal menyalakan bluetooth di perangkat anda dan cari yang bernama "SG Pandora Mini". Langkah selanjutnya hubungkan dan akan terdengar suara " bip" yang tandanya speaker sudah bisa digunakan.
       Kualitas suara yang dihasilkan dari speaker ini lumayan bagus. Bass terasa, treable, vokal bisa didengan dengan jelas. Suara yang dihasilkan bisa dibilang jernih dengan racikan bawaan dari sonicgear itu sendiri. Suaranya sendiri juga enak didengar tetapi sedikit cempreng.
       Suara yang dihasilkan juga keras, dengan volume 70% dapat memenuhi kamar saya yang berukuran 5 X 5m ini. Saya tidak menyarankan menggunakan volume 100% untuk speaker ini karena suaranya menjadi tidak enak di dengar ( agak cempreng). Tetapi anda tidak perlu khawatir karena saya memiliki tips untuk mengatasi masalah ini. 

Settingan aplikasi Sony Music Center

       Anda hanya perlu mengganti pemutar musik bawaan anda dengan aplikasi Sony Music Center yang dapat anda unduh di PlayStore. Anda dapat menyesuaikan equalizernya secara leluasa. Saya merekomendasikan dengan settingan Jazz dan Surroundnya Studio, anda akan melihat perbedaan kualitas speaker anda. Bassnya jadi lebih nendang dan jernih. Saya berpendapat kalau suaranya seperti menjadi speaker yang harganya ratusan ribu dengan bantuan aplikasi ini.
       Satu lagi yang berpengaruh yaitu peletakan speaker. Peletakan speaker yang salah membuat suaranya menjadi berubah. Saya sarankan anda meletakkan speaker ini dibawah/ disamping kolong tempat tidur anda. Bisa juga di samping kolong lemari, maka suaranya akan jauh lebih baik.
       Selama 3 bulan saya menggunakan speaker ini, saya tidak menemukan kendala dengan speaker ini selain yang sudah saya sebutkan di atas. Malahan speaker ini saya gunakan hampir setiap hari, malaham saya betah menggunakan speaker ini.


4. Baterai
       Kapasitas baterai bawaan dari speaker ini yaitu sebesar 400 mAh dan diklaim mampu bertahan selama 4 jam pemutaran dengan intensitas volume 50%. Kenyataannya speaker ini hanya mampu bertahan selama 3 jam lebih 15 menit saja dengan volume 50-60%.
       Saya men-charge speaker ini biasanya selama 1 jam. Salah satu kekurangan dari speaker ini yaitu tidak adanya indikator baterai, sehingga kita akan kebingungan kapan baterai ini penuh, kapan baterai tinggal setengah. Tapi kalau baterainya habis akan berbunyi "tung ting tung ting", ya pokoknya seperti itu bunyinya hehe.

5. Kesimpulan
Setelah saya menguji speaker Sonicgear Pandora Mini ini saya menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan dari speaker bluetooth ini. Berikut kelebihan dan kekurangannya,
Kelebihan:
+ Harganya Murah
+ Bentuknya Simpel dan Solid
+ Tidak terasa speaker murahan
+ Ada Garansi 1 Tahun
+ Ada Kabel AUX dan USB (jadi satu)
+ Kualitas Suara Speaker Lumayan
Kekurangan:
- Baterai hanya bertahan 3 jam-an
- Jika ingin mendongkrak kualitas suaranya perlu aplikasi pihak ketiga
- Tidak ada indikator baterai

       Oke sekian dulu review mengenai Speaker Bluetooth Sonicgear Pandora Mini oleh klutik.com. Semoga bermanfaat bagi anda, saya juga mohon maaf apabila terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam menulis artikel ini.
Terimakasih!

Wassalamualaikum Wr. Wb.



0 Response to "Review Speaker Bluetooth Sonicgear Pandora Mini : 90 ribuan aja, Recomended !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel