Cara Belajar Yang Efektif Ala Klutik.com

Assalamualaikum Wr.Wb

       Hai guys, kembali lagi di klutik.com dengan saya si admin klutik. Kali ini saya ingin memberikan tips belajar yang efektif dan baik. Pasti kalian ada yang bertanya-tanya "bagaimana sih kak cara belajar yang baik itu?". Pertanyaan ini sering muncul ketika kamu ingin menghadapi tes atau ujian. Kamu bingung harus mulai dari mana sedangkan waktunya pun mepet. Hadeh siapa hayo yang kayak gini?
       Cara kamu belajar mempengaruhi keberhasilan kamu ketika menghadapi ujian. Makanya dengan belajar dengan baik dan efektif itu penting. "Belajar tinggal belajar, ngapain ribet" Hmm jangan sepelekan ya, ntar nilai mu kurang memuaskan. Yuk disimak berikut beberapa cara belajar yang efektif ala klutik.com,

1.Konsentrasi ketika di kelas

Perhatikan guru kamu ketika mengajar

       Penting untuk berkonsentrasi dan menghindari gangguan saat guru berbicara. Berlatih mendengarkan secara aktif dengan berkonsentrasi pada apa yang dikatakan dan  mencatat kata-kata dengan bahasa kamu sendiri. Ini akan membantu memastikan kamu mendengar dan paham apa yang diajarkan di kelas.
       Memang gangguan ada dimana-mana, mulai dari ponsel, media sosial, hingga teman. Sadarilah apa yang mengalihkan perhatian kamu di kelas dan tahu bagaimana menghindari gangguan ini. Hindari duduk di samping teman jika Anda tahu mereka akan mengalihkan perhatian kamu. Mematikan ponsel kamu juga akan membantu memastikan bahwa kamu memperhatikan gurumu.


2. Pastikan catatan kamu lengkap

Catatan kamu harus lengkap ya!

       Menulis catatan yang jelas dan lengkap di kelas akan membantu Anda memproses informasi yang kamu pelajari. Catatan ini juga akan menjadi catatan studi yang bisa ditinjau sebelum tes. Bertanyalah dengan teman atau guru jika kamu melewatkan kelas untuk memastikan catatan Anda lengkap. "Nin, kemarin aku kan gak berangkat kuliah, boleh minjem cetatan kamu bentar gak?".
       Setelah pulang sekolah, tinjau dan selesaikan catatan dari kelas. Meninjau catatan membantu memindahkan materi yang dipelajari dari memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang, yang akan membantu saat kamu melakukan tes besar. Ya pokonya catetan itu bagaikan nyawa kamu kedua. Eitss, tapi jangan gunain catetan kamu buat nyontek yaa!
       Kamu bisa menjadikan belajar lebih sedikit dengan mengode catatan dari kelas. Garis bawahi atau sorot kata kunci. Buat alat bantu visual seperti bagan, jaring cerita, peta konsep, atau garis besar untuk mengatur dan menyederhanakan informasi dan membantu kamu mengingat dengan lebih baik.

3. Mendesain ruang belajar

Desain kamar sesuai dengan diri kamu

       Tempat belajar terbaik adalah tempat yang sepi, cukup terang, dan di daerah dengan lalu lintas rendah (bukan tempat yang buat mondar-mandir). Pastikan ada area belajar yang bisa untuk menulis. Kebutuhan setiap orang berbeda, jadi penting kamu menemukan tempat yang sesuai bagi diri kamu. Kan gak mungkin juga kamu belajar di tengah jalan kann.


4. Buat jadwal kamu

Lihat agenda kamu beberapa waktu kedepan

       Saat membuat jadwal studi, lihat rencana kamu dan pikirkan apa yang perlu dilakukan. Pikirkan jenis pertanyaan yang akan di tes dan topik yang akan dibahas sehingga kamu tahu apa yang harus difokuskan. Tetapkan tujuan spesifik untuk setiap sesi belajar, seperti berapa banyak topik yang akan kamu bahas di akhir sesi. Misalnya kamu dapet apa aja sih selama belajar malam ini? Oh aku udah paham teori gravitasi nih.
       Belajar gak usah terlalu keras, tatapi rutin. Untuk setiap 30 menit kamu belajar, istirahat sebentar 10-15 menit untuk mengisi ulang. Sesi belajar singkat lebih efektif dan membantu kamu memanfaatkan waktu belajar sebaik mungkin.


5. Belajar kelompok dengan teman

Belajar kelompok bareng temen itu seru!

       Bekerja dengan teman sekelas mendorong lingkungan interaktif agar kamu tetap terlibat. Ini memberi kamu kesempatan untuk menguji pengetahuanmu dengan orang lain, saling bertanya, diskusi akan membantu meningkatkan kepercayaan masing-masing.
       Oke sekian dulu mengenai Cara Belajar yang efektif ala klutik.com. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan dan kesalahan. Tuliskan kritik, saran, maupun konentar di kolom dibawah.
Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Wassalamualaikum Wr. Wb.



0 Response to "Cara Belajar Yang Efektif Ala Klutik.com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel