Cara Mengatur Jadwal Kuliah Ala Klutik.com

Assalamualaikum Wr. Wb.
      
       Hai guys, kembali lagi di klutik.com dengan saya admin klutik. Kali ini aku ingin share mengenai cara mengatur jadwal kuliah ala saya. Kenapa saya harus share, karena ini penting lho! Terkadang kita sering menyesal setelah isi krs/ isi jadwal. Ya, karena saat krs-an kita kurang persiapan atau bisa juga didahului oleh orang lain ketika kita mengambil mata kuliah. Ketika kita udah aktif kuliah kebingungan karena banyak tugas menumpuk dalam satu hari, bahkan sering telat.     
    Maka dari itu saya ingin share bagi kalian-kalian yang sering begini. Tips ini saya buat berdasar pengalaman saya di semester lalu. Persiapan ini dilakukan tiga hari sebelum kamu ngisi krs yaa. Oke, yuk disimak beberapa tips mengatur jadwal kuliah ala klutik.com,

Jadwal Kuliah

1. Waktu

       Ketika kita mengisi krs, maka yang pertama diperhatikan yaitu waktunya. Pilih jadwal kuliah sesuai dengan kebiasaan kamu, misal kamu terbiasa bangun pukul 05.00 maka lebih baik pilih jadwal kuliah dengan jam pagi. Karena otak kamu masih seger-segernya.
       Namun jika kamu nggak terbiasa bangun pagi, kamu bisa pilih jadwal agak siang, misal jam 09.00 atau jam 11.00. Kamu bisa memberikan jeda kuliah untuk nyemil atau makan di kantin.

2. Jumlah Mata Kuliah dan SKS
       Perhatikan jumlah mata kuliah yang kamu ambil beserta SKS-nya. Misal kamu mengambil 8 mata kuliah dengan total 24 SKS, maka pasti diantara itu ada beberapa mata kuliah yang berisi 4 SKS. Kamu harus mengatur strategi yaitu dengan mengkombinasi mata kuliah yang 4 SKS dengan 2 SKS. Jangan sampai seharian kamu bosan di kelas karena kebanyakan SKS. Kamu bisa juga kombinasikan mata kuliah yang sulit dengan yang mudah.
       Mengatur jadwal kuliah pasti berdampak pada tugas dan ujian-ujian yang akan datang. Dengan mengaturnya kamu tidak akan kewalahan ketika dapat tugas, meskipun semuanya ada tugas. Ketika ujian kamu juga nggak kewalahan karena belajar dengan sedikit mata kuliah.

3. Kelas
Pilihlah kelas dengan jarak yang tidak terlalu jauh dengan kos kamu maupun jadwal kuliah kamu yang berdekatan dalam satu hari. Ketika kamu ada jadwal MKU dan Prodi dalam satu hari, kamu nggak akan tergesa-gesa ketika harus pindah kelas antar fakultas sekalipun.

4. Teman
       Kamu bisa mengajak beberapa teman kamu ketika ngisi krs. Hmm Ini tergantung kamu mau sekelas lagi sama temen-temen kamu apa pengen cari suasana baru bersama mahasiswa lain.
       Saran saya ajak beberapa teman saja ketika ngisi krs. Karena kalo kamu sendirian dan gak ada yang kenal di kelas, kamu kayak mahasiswa baru. Selain itu, kamu harus menyesuaikan lagi dengan lingkungan kelas yang baru. Beda lagi kalo kamu kompromi dengan semua temen sekelas kamu di semester lalu, maka akan sama aja. Pilih yang mana terserah kamu yaa!

5. Siapkan Rencana B
       Selain persiapkan tips yang diatas, kamu juga harus buat rencana B. Mengapa? Kamu nggak akan tahu ketika kamu sedang mengisi krs tiba-tiba ada salah satu mata kuliah yang kelasnya sudah penuh. Daripada kamu kehabisan waktu dalam mengatur ulang mending kamu siapin dari awal deh! Karena berdasarkan pengalaman saya pasti ngisi krs itu rebutan dengan mahasiswa lain. Siapa tahu mahasiswa lain udah membaca artikel ini lebih dulu ! Hehehe

       Oke sekian dulu mengenai cara mengatur jadwal kuliah ala klutik.com. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan. Tinggalkan kritik, saran, maupun komentar di kolom dibawah ini. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga:


0 Response to "Cara Mengatur Jadwal Kuliah Ala Klutik.com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel