Tips Membaca Buku Agar Cepat Mendapat Intisarinya


Assalamualaikum Wr. Wb.

       Hai guys, kembali lagi di klutik.com dengan saya admin klutik. Kali ini saya ingin share mengenai tips membaca buku agar cepat mendapat intisarinya, em kalian adik-adik sma maupun yang sudah kuliah pasti ada yang kebingungan ketika diberikan tugas untuk merangkum atau meringkas buku kaan? Apalagi kalian yang ambil jurusan hukum, politik, dan lain sebagainya itu bukunya tebal-tebal.
       Nah untuk mengatasi itu saya punya tips nih agar kita bisa dapet intisari buku dengan efisien, o iya tips ini menurut saya bisa juga diterapkan dalam buku apapun lho. Yuk disimak inilah tips saya:

Membaca Buku Yuk

1. Perhatikan Tipe Buku
       Tipe buku yang saya maksud adalah terkait dengan cara pembahasan buku itu. Nah ada tipe-tipe buku yang memaparkan beberapa pengertian-pengertian dulu baru nanti yang terakhir intisarinya. Untuk mengetahui tipe buku maka kita harus melihat dalam pendahuluan, jika tidak ada maka kita harus mencari sendiri tipe buku yaitu dengan membaca paling tidak satu subbab agar kita bisa menentukan cara pembahasannya. Karena jika sudah ketemu tipe bukunya maka akan mudah mendapat intisasi bukunya (mengetahui pola pikiran penulisnya).

2. Baca Sekali, Jika Tidak Paham Bisa Berulang
       Jika sudah mengetahui tipe buku, terkadang kita sulit memahami kata-kata ataupun istilah di dalam buku itu. Untuk itu kita perlu membacanya berulang kali agar dapat memahami buku itu. Cukup klasik memang, tapi cara ini cukup ampuh loh dalam mencari intisari buku.

3. Jangan Baca Buku Dengan Sistem Kebut Semalam
       Hayoo pada ngaku kalian pasti kalo membaca buku pasti malemnya sebelum ujian kaan? Gapapa deh asal jangan sehari setelah ujian wkwk. Oke dalam mendapatkan intisari buku maka tidak cukup dalam semalam atau dua malam, bahkan bisa seminggu bisa mendapatkan intisari buku. Apalagi bukunya tebal kan bisa lamaa. Kamu bisa baca buku ketika kamu ada waktu luang, manfaatkan waktu itu untuk menambah wawasan kamu.

Dalam membaca buku 4×15 menit itu lebih baik daripada 1×1 jam

4. Selalu Catat Setelah Membaca Buku
       Iya kamu harus mencatat intisari buku setelah kamu selesai membacanya. Jangan terlalu banyak, bisa setiap bab/subbab kamu berhenti baca kemudian mencatatnya. Hindari membaca buku secara keseluruhan kemudian kamu baru mencatatnya, nanti kamu lupa.

5. Buat Kondisi Yang Nyaman
       Ini selera kamu aja, jika kamu dapat berkonsentrasi membaca buku di suasana yang sepi maka ciptakanlah suasana itu. Jika memang kamu bisa berkonsentrasi di suasana yang ramai okelah pokoknya ini selera kamu.
       Kalau admin suka suasana yang sepi dan gak ada yang ganggu, karena bisa fokus aja baca bukunya. Biasanya admin suka baca buku sambil ngeteh atau ngemil ehmm enak deh pokoknya.

       Oke sekian dulu tips membaca buku agar cepat mendapat intisarinya, apabila ada kekurangan saya mohon maaf. Tinggalkan kritik, saran, maupun komentar dalam kolom dibawah ini.Share postingan ini jika kamu suka. Terimakasih dan Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 Response to "Tips Membaca Buku Agar Cepat Mendapat Intisarinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel